MENGETAHUI NETCUT USER DAN CARA MENGATASINYA

NetCut adalah sebuah aplikasi yang beroperasi pada sistem operasi windows (sesuai pengalaman penulis) yang dapat memutuskan koneksi para user-user di area jaringan wiFi.
Secara singkat, NetCut bekerja pada ARP (Address Resolution Protocol)spoofing. NetCut bekerja dengan menjadikan komputernya sebagaigateway atau gerbang pada jaringan.  Kedua hal ini menjadikan komputer user NetCut dapat bebas memberikan izin kepada user lain untuk dapat melakukan aktifitas pada jaringan atau malah membuat user lain terputus pada jaringan.
Cara mengetahui apakah ada user yang menggunakan NetCut pada jaringa sebenarnya adalah hal yang gampang-gampang sulit.
  1. Apabila user NetCut telah memulai aksinya (dalam hal ini terdapat komputer yang aksesnya terbatas), maka hal yang sebaiknya dilakukan adalah men-scan semua IP address dan MAC address yang tercatat pada jaringan. Bisa dengan menggunakan aplikasi yang anda miliki atau dengan menggunakan Advance IP Scanner yang dapat di download di sini.
  2. Lakukan ping dari komputer korban menggunakan fasilitas yang telah disediakan windows dengan membuka menu “run” (tanpa petik) dan pada textbox ketik ping ip_address_address_yang_dituju -t. Sebagai contoh ping 192.168.1.23 -t (masukan ip address yang dituju dengan menggunakan daftar IP addres yang telah discan sebelumnya). Tunggu hingga beberapa detik, jika pada layar tetulis “Request Time Out” bisa dikatakan bahwa User dengan IP addres tersebut bukan pengguna NetCut. Namun jika yang tertulis pada layar adalah “Reply from 192.168.1.23: bla bla“. Maka user dengan IP address tersebut patut dicurigai. Logikanya adalah jika diCut dengan aplikasi NetCut koneksi korban tidak teputus secara total. Sehingga si korban masih tetap dapat melakukan aktifitas pada gateway. Karena user NetCut bertindak sebagai gateway, maka user dengan IP address yang Reply tadi mungkin saja menggunakan NetCut.
Mungkin saja cara diatas dapat dilakukan pada jaringan dengan pengguna yang sedikit. Sebab jika dalam jaringan terdapat 100 pengguna maka proses mencarinya akan semakin lama. Oleh sebab itu kita dapat menggunakan aplikasi yang telah disediakan oleh windows, apalagi kalau bukan CommandPrompt. Langkah-langkahnya adalah :
  1. Jalankan commandprompt dengan mengklik tombol START >> RUN.
  2. Pada TextBoxt ketikkan “cmd” (tanpa petik”).
  3. Pada layar command prompt, ketik “arp -a” (juga tanpa petik). Maka pada layar akan tampil IP address anda dan gateway. Jika pada daftar terdapat dua gateway, maka sebaiknya komputer user tersebut diperiksa, apakah benar dia menggunakan NetCut.
Selain cara mengetahui pengguna NetCut ada baiknya jika kita juga menggetahui cara mengatasinya. Ada banyak cara yang disarankan, diantaranya adalah :
  1. Sembunyikan IP address dengan menggunakan XP-AntiSPy yang dapat didownload disini.
  2. Gunakan aplikasi antiNetCut yang juga dapat didownload disini.
  3. Gunakan jaringan yang berada ditempat yang jauh, dalam hal ini yang penulis maksudkan adalah dengan server proxy.
  4. Jika komputer kita sudah menjadi korban, ganti IP address anda dengan IP address yang baru.
Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi teman-teman semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>