Sejarah Teknologi Informasi

Pekembangan Teknologi Informasi

Sejarah Teknologi Informasi: Pada dasarnya teknologi informasi telah sejak adanya manusia. Bermula dari teknologi yang bersifat:Natural/Manual, masih menggunakan tenaga tangan manusia, teknologi ini telah ada sejak jaman purba dengan bukti-bukti ditemukannya peninggalan manusia purba berupa goresan-goresan, gambar-gambar yang dianggap sebagai bentuk penyampaian informasi dengan menggunakan media batu atau dinding goa. Pada masa Teknologi Natural/Manual ini juga ditemukan peninnggalan teknologi informasi berupa media kertas, lempung, alat abacus/sempoa, pan, cara perhitungan menggunakan jari juga ditemukan pada masa peradaban Cina/Mesir/Romawi ini. Abad 17-18 juga termasuk dalam teknologi yang bersifat Natural/Manual ini dengan ditemukan alat hitung yang lebih canggih pengembangan dari abacus, ditemukan oleh John Napier yang disebut Napier’s bones.
Mekanis, telah berkembang dari sekedar menggunakan tenaga manusia kini telah menggunakan peralatan mekanis yang digerakkan oleh tangan manusia. Pada masa ini telah ditemukan alat hitung berupa Pascaline [Blaise Pascal, 1642] kalkulator ini mampu menghitung hingga 8 digit menggunakan roda gerigi yang terpasang. Kemudian juga ditemukan Difference & Analytical Engine [CharlesBabbage, 1830] tenaga uap sebagai cikal bakal lahirnya komputer. Perkembangan yang sangat signifikan pada masa ini yang sangat membantu perhitungan sensus di USA adalah ditemukannya Kartu perforasi [Hollerith, 1889], dengan alat ini sensus yanga awalnya terselesaikan dalam kurun waktu 6-10 tahun menjadi 6-10 minggu saja.
Elektronis, masa ini adalah masa berkembangannya komputer dari mulai Generasi 1-Generasi sekarang. Komputer generasi 1 menggunakan teknologi tabung hampa (vacum tube) dengan karakteristik: ukuran sangat besar, Menggunakan konsepstored-program dengan memori utamanya adalah magnetic core storage, cepat panas, proses yang lambat, daya listrik yang dibutuhkan besar sekali. Komputer generasi 1 ini mempunyai banyak kelemahan sehingga memacu manusia untuk menciptakan teknologi yang lebih baik lagi, kemudian muncullah Komputer generasi 2. Pada generasi 2 ini komputer bernama ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Computer) ini menggunakan 17.468 vacuum tube, 7.200 diode, 70.000 resistor, 10.000 capasitor, dengan Luas63m2, Bobot27ton, Power150kW berkemampuan instruksi 300 perkalian/menit, 5000 penjumlahan (10 digit)/menit. Komputer generasi 3, menggunakan teknologi transistor yang mampu menggantikan fungsi dari tabung hampa. Transistor digunakan pada komputer sejak tahun 1956, komputer generasi 3 ini menggunakan bahasa assembly menggantikan bahasa mesin yang sulit dipahami oleh manusia, dengan kapasitas memori yang sudah cukup besar mampu menyimpan sampai puluhan ribu karakter, pada masa ini juga mulai bermunculan bahasa tingkat tinggi yang mendekati bahasa manusia seperti Common Business Oriented Language (COBOL), Formula Translator (FORTRAN), Algorithmic Language (ALGOL). Komputer generasi 3 ini bernama UNIVAC (UNIVersal Automatic Computer), Dengan semakin berkembanganya teknologi transistor yang dianggap menghasilkan panas yang cukup besar mendorong seoranginsinyur di Texas Instruments [Jack Kilby, 1958], mengembangkan sirkuit terintegrasi bernama IC (integrated circuit). IC berhasil mengkombinasikan 3 komponen elektronik yakni transistor, resistor dan kapasitor dalam sebuah piringan silikon kecil. Para ilmuwan lain akhirnya semakin mampu memasukkan lebih banyak komponen kedal suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor. Pada tahun 1971 Microprocessor pertama dikeluarkan oleh perusahaan Intel dengan seri 4004. Dari tahun ketahun komputer semakin dikembangkan, Komputer generasi 4 dikembangkan dengan tujuan mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen-komponen elektriknya. Hal ini dibuktikan dengan berhasilnya pembuatan Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip.Komputer generasi 5 pada tahun 1980-an, Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal.Komputer generasi 6 Ultra-Large Scale Integration (ULSI) meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan.

Perbandingan Generasi 1 vs Generasi sekarang:
Ukuran: generasi 1 besar, sekarang kecil.
Harga: generasi 1 mahal, sekarang murah.
Speed: generasi 1 lambat, sekarang cepat.
Memori: generasi 1 kecil, sekarang besar.
Dari perbandingan di atas diketaui generasi sekarang mempunyai kelebihan tersendiri.
Klasifikasi Komputer:
• Supercomputer: komputer produksi IBM ASCI White, Cray, mempunyai kapasitas yang besar, dengan ratusan ribu processor, mampu mengolah triliyunan perhitungan/detik, digunakan pada simulasi nuklir, pengamatan antariksa, dll.
• Mainframe: Komputer IBM AS/400, ukurannya didesign kondisional tergantung kebutuhan, biasa digunakan pada server perusahaan, komputer ini menggunakan sistem pengguna hanya menggunakan monitor dan keyboard, sedangkan processor dan memory ada pada server.
• Workstasions: Komputer Sun blade 2500 ini mampu menggolah data secara kompleks baik data scientific, matematika, teknik, akuntansi, kesehatan, dll. Komputer ini mempunyai memory yang besar dan processor yang canggih namun ukurannya masih seperti PC pada umumnya.
• Microcomputers: Komputer yang biasa kita gunakan sehari-hari, termasuk didalamnya PC, Laptop, Smartphone dan PDA.
• Microcontroller:membantu kinerja microcomputers yang berguna untuk mengendalikan, misalnya pengaturan suhu pada AC, robot, dll.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>