Macam – Macam Bakso

Bakso atau baso adalah jenis bola daging yang paling lazim dalam masakan Indonesia. Bakso umumnya dibuat dari campuran daging sapi giling dan tepung tapioka, akan tetapi ada juga baso yang terbuat dari daging ayam, ikan, atau udang. Dalam penyajiannya, bakso umumnya disajikan panas-panas dengan kuah kaldu sapi bening, dicampur mi, bihun, taoge, tahu, terkadang telur, ditaburi bawang goreng dan seledri. Bakso sangat populer dan dapat ditemukan di seluruh Indonesia; dari gerobak pedagang kaki lima hingga restoran besar. Berbagai jenis bakso sekarang banyak di tawarkan dalam bentuk makanan beku yang dijual di pasar swalayan dan mall-mall. Irisan bakso dapat juga dijadikan pelengkap jenis makanan lain seperti mi goreng, nasi goreng, mi titik, mie kering atau cap cai.

Asal Mula

Bakso memiliki akar dari seni kuliner Tionghoa Indonesia hal ini ditunjukkan dari istilah Bakso berasal dari kata Bak-So, dalam Bahasa Hokkien yang secara harfiah berarti ‘daging babi giling’. Karena kebanyakan penduduk Indonesia adalah muslim, maka bakso lebih umum terbuat dari daging halal seperti daging sapi, ikan, atau ayam. Seiring berkembangnya waktu, istilah bakso menjadi lebih dikenal dengan ‘daging giling’ saja. Kini, kebanyakan penjual bakso adalah orang Jawa dari Wonogiri dan Malang. Tempat yang terkenal sebagai pusat Bakso adalah Solo dan Malang yang disebut Bakso Malang.

Kesehatan

Dalam proses pembuatanya, ada bakso yang dicampur dengan boraks atau bleng untuk membuat tepung menjadi lebih kenyal mirip daging serta lebih awet. Hal ini membuat bakso pernah dianggap makanan yang kurang aman oleh BPOM. BPOM mengingatkan bahwa mengonsumsi makanan berkadar boraks tinggi selama kurun 5–10 tahun dapat meningkatkan risiko kanker hati. Maka bakso yang dijual di berbagai pasar tradisional dan pasar swalayan diwajibkan bebas boraks.

Bakso Super
Terbuat dari daging Sapi yang di haluskan kemudian di tambah bumbu sehingga menjadi bakso yang enak. Uniknya dari bakso ini adalah bentuknya besar dan berisikan daging cincang di tambah urat. Sesuai dengan namanya, diharapkan yang menikmatinya dapat terpuaskan..

Bakso Tahu Kukus
Terbuat dari tahu pilihan yang di isi adonan bakso dan di campur sedikit cincangan urat sapi agar lebih krezz, lembut dan enak.

Bakso Telur
Terbuat dari daging Sapi yang di haluskan kemudian di tambah bumbu sehingga menjadi bakso yang enak. Bakso Telur ini beisikan telur rebus matang yang di lapisi bakso yang enak

Bakso Pangsit Kukus

Terbuat dari kulit pangsit yang di isi adonan bakso dan di campur sedikit cincangan urat sapi agar lebih krezz, lembut dan enak.

Bakso Pentol / Bakso Biasa

Terbuat dari daging Sapi yang di haluskan kemudian di tambah bumbu sehingga menjadi bakso yang enak. Bakso ini tidak berisi alias polos.

Bakso Mercon

Terbuat dari daging Sapi yang di haluskan kemudian di tambah bumbu sehingga menjadi bakso yang enak. Uniknya bakso ini adalah terdapat daging cincang rasa pedas di dalam bakso. Cocok bagi yang suka makanan pedas.

Bakso Ayam

Bakso Yang terbuat Dari Daging Ayam Yang di Giling Halus Beserta Bumbu Bumbu Nya. . Rasa Gak Kalah jauh Ama Bakso Sapi

 Bakso Ikan
Bakso Yang terbuat Dari Olahan Daging Ikan Yang di tumbuk halus dan di buat menjadi bola bola bakso.

Bakso Goreng

Bakso Ini benar benar berbeda dengan bakso yang lain. . .seperti bakso pada umum nya bakso ini terbuat dari daging yang di olah menjadi bola bola .tetapi bakso ini di sajikan tidak berkuah melainkan di Goreng layak nya Gorengan.

Bakso Bakar
Penyajian Bakso ini seperti Nya tidak umum.Bakso ini di bakar kemudian di lumuri dengan rempah – rempah dan kecap layak nya Ikan Bakar

Bakso Kotak
Bakso Yang bener – bener unik ini terbuat dari daging tetapi tidak di bentuk seperti Bola bola melainkan di bentuk persegi panjang layak nya permen yang di bungkus..

Bakso Sarang Burung

Bakso Yang di sajikan menyerupai Butiran telur puyuh ini sangat unik. .terbuat dari Daging yang di bntuk menyerupai bola tetapi dengan tambahan sayuran sehingga terlihat seperti Telur puyuh.

Bakso Tomat

terbuat dari Tomat Yang terisi daging bakso …bakso ini rasa nya begitu unik. .

Sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=10485406

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>