Pengajaran Berbantuan Komputer

A. Definisi

Segala sesuatu aktivitas pembelajaran yang dilakukan melalui komputer. Jadi pada PBK aktivitas pemberian materi, menarik minat siswa untuk mengikuti pelajaran, memberikan tes dan memberikan umpan balik semuanya dilakukan oleh komputer.

B. Ciri Khas PBK

  • Duduk di depan komputer, siswa tersebut menggunakan keyboard untuk memberikan pendapat dan informasinya ke dalam komputer. Kemudian siswa dapat menyimak dan berkomunikasi selayaknya proses belajar mengajar di dalam kelas konvensional melalui monitor komputer.
  • Informasi atau materi pelajaran disajikan untuk para siswa dan siswa bebas menyerap materi seluas mungkin. Dan siswa juga bebas melakukan reaksi terhadap materi yang diberikan pada PBK setelah siswa selesai membaca seluruh materi.
  • Setelah materi selesai dibaca oleh siswa di layar monitor akan ditampilkan pertanyaan berbentuk pilihan ganda. Jika siswa menjawab dengan benar, maka akan muncul pertanyaan yang baru. Namun jika siswa menjawab salah, maka program akan meminta siswa untuk mengulang kembali materi pelajaran.

C. Point-point penting dalam PBK

  1. Media
  • Hardware :¬†Seperangkat komputer, proyektor, LCD viewer dll
  • Software (Aplikasi) :¬†Aplikasi multimedia, mis : Flash, camtasia dll

2. Content

  • Merupakan materi / informasi yang akan disampaikan kepada siswa

3.Exam

  • Bagaimana konsep ujian diberikan

D. Kelebihan PBK

  1. Meningkatkan Interaksi
  2. Individualisasi
  3. Efektifitas biaya
  4. Motivasi
  5. Umpan balik
  6. Kemudahan penyimpanan data
  7. Keutuhan pelajaran
  8. Kendali peserta belajar

F. Karakteristik PBK yang efektif

  • PBK yang efektif sesuai dengan tujuan pembelajaran
  • PBK yang efektif menyesuaikan dengan karakteristik siswa
  • PBK yang efektif memaksimalkan interaksi
  • PBK yang efektif diindividualisasikan
  • PBK yang efektif menarik minat siswa
  • PBK yang efektif melakukan pendekatan yang positif kepada siswa
  • PBK yang efektif menyediakan feedback yang beragam
  • PBK yang efektif sesuai dengan lingkungan pembelajaran
  • PBK yang efektif mengevaluasi prestasi sesering mungkin
  • PBK yang efektif menggunakan sumber daya komputer yang baik
  • PBK yang efektif mengacu pada prinsip desain pembelajaran
  • PBK yang efektif sudah dievaluasi terus-menerus

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>